Rabu, 15 Januari 2014

Kuis Teori Akuntansi before UAS


Mey Lisa Yolanda

Akuntansi 2010

326.001.012

 

1.      Jelaskan perbedaan antara konsep – konsep di bawah ini :

a.      Cost

b.      Expense

c.       Loss

d.      Revenue

e.       Gain

f.       Income

Jelaskan dengan contoh penerapannya pada praktek akuntansi !

 

a.       Cost adalah  semua pengorbanan yang kita keluarkan / kita korbankan dengan harapan kita akan mendapatkan keuntungan / manfaat secara ekonomis dengan masa manfaat lebih dari satu tahun.

Contoh : pembelian aktiva tetap, dengan ini kita bisa mengharapkan biaya ekonomis  dari aktiva tersebut di masa yang akan datang.

b.      Expense / beban adalah semua pengorbanan yang kita keluarkan dengan harapan kita mendapatkan keuntngan yang mempengaruhi penurunan jumlah ekuitas.

Contoh : beban penyusutan

c.       Loss adalah jumlah pengeluaran atau jumlah biaya yang lebih besar dari pada pendapatan yang kita terima.

Contoh : Rugi yang terjadi pada suatu perusahaan tertentu.

d.      Revenue adalah jumlah uang yang diterima oleh perusahaan dari aktifitas ekonominya.

Contoh : pendapatan atas penjualan barang / jasa

e.       Gain adalah keuntungan atau laba yang diperoleh dari investasi dalam surat berharga atau efek, dimana nilainya melebihi harga pembelian. Selisih antara harga jual yang lebih tinggi dan harga pembelian yang lebih rendah

Contoh : keuntungan dalan investasi saham, obligasi, dll

f.       Income adalah penghasilan yang diperoleh perusahaan dari kegiatan usahanya, yang akan menambah modal perusahaan.

Contoh : pendapatan yang diterima perusahaan dari kegiatas ekonominya.

 

2.      Ada 2 pendekatan terkait dengan pos – pos mana sajayang di sajikan dalam statement laba rugi dan laba ditahan.Kedua pendekatan itu adalah :

a.      Kinerja sekarang / current / normal performance

b.      Semua termasuk / surplus terbersih

Jelaskan perbedaan kedua pendekatan tersebut dan kaitannya dengan laba konferensif !

 

a.       Kinerja sekarang

-          Laba harus mengukur efisisensi penggunaan sumber ekonomis untuk periode berjalan sehingga laba harus bebas dari hal – hal yang mengaburkan efisiensi

-          Laba merupakan pengukur kinerja manajemen

-          Laba harus dapat di gunakan untuk dapat melakukan perbandingan antar periode dan antar perusahaan

-          Pembaca statement laba rugi yang hanya melihat angka akhir

b.      Surplus terbersih

-          Semua pos akibat transaksi nonpolemik , pendekatan ini dilandasi oleh konsep dasar kontinuitas yang usaha yang memandang laba rugi merupakan penggalan aliran operasi . Dengan kata lain tidak ada pos selain yang berasal dari transaksi pemilik langsung masuk atau meneroboske statement laba ditahan.

 

3.      Jelaskan perbedaan laba dengan capital, secara konseptual. Dalam pendefinisian laba penggunaan basis konsep Pemertahanan Capital (Capital Maintenance Concept ) lebih unggul dari pada konsep penanding ( Matching Concept ). Jelaskan  mengapa demikian !

 

Perbedaan laba dan Capital secara konseptual yaitu bahwa pendekatan transaksi didasari pada proses penerapan yang mengukur transaksi dengan pihak lain. Capital maintenance Concept lebih unggul dibandingkan dengan Matching konsep karena laba sebagai konsep dasar Capital yang menentukan tingkat kemakmuran, dengan mengukur selisih antara tingkat kemakmuran pada akhir periode . Capital dinyatakan dalam bentuk ekonomi pada skala pengukuran tertentu yang dipengaruhi oleh nilai sebagai alat pengukur, jinis Capital dan skala pengukuran.

 

4.      Jelaskan perbedaan konsep pengakuan dengan penilaian dalam akuntansi. Jelaskan tentang dasar atau atribut penilaian Bunga Pasar Sekarang ( Current Market Value ) dan berikan contoh standar akuntansi yang meminta penggunaannya !

 

Perbedaan konsep pengakuan dan pengukuran yaitu proses yang menentukan jumlah rupiah untuk menentuka makna ekonomi dari suatu aktiva yang disajikan dalam jumlah laporan keuangan.

Penilaian bunga pasar sekarang yaitu kenaikkan suku bungand ipasar yang merupakan resiko bagi pemegang surat berharga obligasi maupun reksadana yang produknya merupakan kombinasi dengan obligasi sekarang yang  sama dengan nilai nominalnya.

Contoh : standar akuntansi yang menggunakan penilaian bunga pasar sekarang yaitu bunga atas pinjaman jangka panjang, kenaikkan tingkat suku bunga.

 

5.      Jelaskan masalah akuntansi berkaitan dengan  hal – hal dibawah ini, beserta perlakuan atau standar yang dipilih oleh dewan standar akuntansi terhadap masing – masing yaitu :

a.      Obligasi terkonversi ( Convertible Bond )

b.      Goodwill

 

Masalah yang berkaitan dengan obligasi terkonversi yaitu :

-          Masalah yang timbul pada saat obligasi diperoleh / dibeli

-          Masalah yang dialami selama kepemilikan

-          Masalah pada saat pelunasan, penjualan kembali dan peristiwa lain yang mengakibatkan berakhirnya kepemilikan obligasi tersebut.

Masalah akuntansi yang berkaitan dengan goodwill yaitu :

-          Masalah dalam pengambilan keputusan merger kurang akurat dan kredibilitas yang masih diragukan.

 

 

 

0 komentar:

Posting Komentar