Minggu, 09 Desember 2012

tugas sistem informasi manajemen


Nama               : Mey Lisa Yolanda
Jurusan            : Akuntansi 2010
Mata Kuliah      : Sistem Informasi Manajemen

1.      Apakah perbedaan antara SLC dan SDLC ?
System Life Cycle ( SCL ) adalah penerapan pendekatan sistem untuk mengembangkan sistem atau subsistem informasi berbasis komputer dimana siklus hidup cocok dengan segala sesuatu yang lahir, tumbuh, berkembang menjadi matang dan akhirnya mati, sedangkanSystem Development Life Cycle ( SDLC ) adalah penerapan pendekatan sistem untuk tugas mengembangkan dan menggunakan sistem brebasis komputer. Siklus hidup sistem ini merupakan metodologi yang polanya lebih dipengaruhi oleh kebutuhan untuk mengembangkan sistem yang lebih cepat seperti untuk menyimpulkan transaksi harian.

2.      Sebutkan fungsi SC MIS ?
-          Menetapkan kebijakan yang memastikan dukungan komputer untuk mencapai tujuan strategis perusahaan
-          Menjadi pengendali keuangan dengan bertindak sebagain badan yang berwenang memberi persetujuan bagi semua permintaan dana yang berhubungan dengan komputer
-          Menyelesaikan pertentangan yang timbul sehubungan dengan prioritas penggunaan komputer

3.      Apakah perbedaan antara studi kelayakan dan penelitian sistem ?
Studi kelayakan adalah suatu tinjauan sekilas pada faktor – faktor utama yanga akan mempengaruhi sistem kemampuan sistem untuk  mencapai tujuan – tujuan yang diinginkan, sedangkan penelitian sistem adalah memberikan dasar yang terinci untuk merancang sistem baru mengenai apa yang harus di lakukan dan bagaimana sistem itu melaksanakannya

4.      Bagaimana cara yang paling efektif bagi analisis sistem untuk menentukan kebutuhan pemakai informasi ?
-          Menyediakan komunikasi dua arah dan pengamatan terhadap bahasa tubuh
-          Dapat meningkatkan antusianisme pada proyek baik dari pihak spesialis maupun pihak pemakai
-          Dapat menjalin kepercayaan antara pemakai dan spesialis informasi
-          Memberikan kesempatan bagi peserta proyek untuk mengungkapkan pandangan yang berbeda bahkan bertentangan

5.      Apakah hubungan antara rancangan terstruktur dengan tingkatan sistem ?
Hubungan antara rancangan terstruktur dengan tingkatan sistem yaitu rancangan terstruktur berfungsi mengidentifikasi kriteria kinerja sistem karena sebuah rancangan yang terstruktur dengan baik akan membentuk sebuah tingkatan – tingkatan sebuah sistem, yang dimana sistem tersebut jika di kerjakan akan berjalan dengan baik

6.      Apa yang di maksud dengan cutover dalam penerapan sistem ?
cutover adalah perpindahan sistem lama ke sistem baru, yang akhirnya pemimpin operasi akan menyimpulkan sebuah penerapan sistem baru untuk tujuan perusahaan kedepannya

7.      Sebutkan dan jelaskan jenis – jenis cutover ?
-          Percontohan ( Pilot ) adalah suatu sistem percobaan yang diterapkan dalam suatu subset dari keseluruhan operasi
-          Serentak ( Immediate ) adalah pendekatan yang paling sederhana yakni beralih dari sistem lama ke sistem baru pada saat yang di tentukan
-          Bertahap ( Phased ) adalah sistem baru yang digunakan berdasarkan bagian per bagian pada suatu waktu
-          Paralel ( Parallel ) adalah mengharuskan sistem lama dipertahankan sampai sistem baru yang diperiksa secara menyeluruh, dan akan memberikan pengamanan baik terhadap kegagalan tetap yang paling mahal, karena kedua sunber daya ( SDA dan SDM ) yang harus di pertahankan


8.      Apakah hubungan antara SPIR dan IE ?
Hubungan antara SPIR dan IE adalah perencanaan yang memerlukan perhatian kerena memerlukan perkiraaan yang matang untuk dapat mencapai tujuan organisasi pada masa sekarang dan akan datang, selain itu hubungan antara tujuan perusahaan secara keseluruhan dengan sumber – sumber informasi yang digunakan untuk mencapai tujuan

9.      Pada tahap SLC mana yang menyertakan kegiatan pengumumna kepada karyawan ? Apa tujuan kegiatan tersebut !
Taham SLC yang menyertakan tujuan mengungumkan kepada karyawan yaitu Tahan Penerapan. Dengan tujuan :
-          Merencanakan penerapan
-          Mengumumkan penerapan
-          Mendapatkan sumber daya perangkat keras
-          Mendapatkan sumber daya perangkat lunak
-          Menyiapkan database
-          Menyiapkan fasilitas fisik
-          Mendidik perserta dan pemakai
-          Menyiapkan usulan cutover
-          Menyetujui atau menolak sistem baru
-          Masuk ke sistem baru

10.  Sebutkan dan jelaskan unsur – unsur RAD ?
-          Manajemen : khususnya menajemen puncak, harus merupakan orang yang suka bereksperimen yang suka melakukan hal baru atau orang yang cepat tanggap, yang cepat belajar menggunakan metodologi baru
-          Manusia : daripada menggunakan satu tim tunggal untuk mengerjakan semua kegiatan SLC dan RAD menyadari efisiensi yang dapat di capai melalui penggunaan tim yang terspesialisasi, artinya dapat di buat tim – tim untuk perencanaan kebutuhan, rancangan pemakai, konstruksi, penelaahan pemakai dan cutover

6 komentar:

Unknown mengatakan...

Maaf untuk untuk No.7 bukannya penjelasan pada Masuk ke sistem baru
Ada empat pendekatan dasar untuk masuk ke sistem baru, Apakah sama?

Bambang kucika mengatakan...

Makasih yaa

Unknown mengatakan...

makasih, sangat membantu tugas kuliah saya

faiza mengatakan...

maaf mau tanya ini referensi jawabannya dari ebook atau jurnal atau buku mana ya?

Unknown mengatakan...

terimakasih banyak kak

Unknown mengatakan...

Term Kasih Banya kak

Posting Komentar