Nama
: Mey Lisa Yolanda
Jurusan : Akuntansi 2010
Mata
Kuliah : Sistem Informasi Manajemen
1. Apakah
perbedaan antara SLC dan SDLC ?
System Life Cycle ( SCL ) adalah
penerapan pendekatan sistem untuk mengembangkan sistem atau subsistem informasi
berbasis komputer dimana siklus hidup cocok dengan segala sesuatu yang lahir,
tumbuh, berkembang menjadi matang dan akhirnya mati, sedangkanSystem
Development Life Cycle ( SDLC ) adalah penerapan pendekatan sistem untuk tugas
mengembangkan dan menggunakan sistem brebasis komputer. Siklus hidup sistem ini
merupakan metodologi yang polanya lebih dipengaruhi oleh kebutuhan untuk
mengembangkan sistem yang lebih cepat seperti untuk menyimpulkan transaksi
harian.
2. Sebutkan
fungsi SC MIS ?
-
Menetapkan
kebijakan yang memastikan dukungan komputer untuk mencapai tujuan strategis
perusahaan
-
Menjadi
pengendali keuangan dengan bertindak sebagain badan yang berwenang memberi
persetujuan bagi semua permintaan dana yang berhubungan dengan komputer
-
Menyelesaikan
pertentangan yang timbul sehubungan dengan prioritas penggunaan komputer
3. Apakah
perbedaan antara studi kelayakan dan penelitian sistem ?
Studi kelayakan adalah suatu
tinjauan sekilas pada faktor – faktor utama yanga akan mempengaruhi sistem
kemampuan sistem untuk mencapai tujuan –
tujuan yang diinginkan, sedangkan penelitian sistem adalah memberikan dasar
yang terinci untuk merancang sistem baru mengenai apa yang harus di lakukan dan
bagaimana sistem itu melaksanakannya
4. Bagaimana
cara yang paling efektif bagi analisis sistem untuk menentukan kebutuhan
pemakai informasi ?
-
Menyediakan
komunikasi dua arah dan pengamatan terhadap bahasa tubuh
-
Dapat
meningkatkan antusianisme pada proyek baik dari pihak spesialis maupun pihak
pemakai
-
Dapat
menjalin kepercayaan antara pemakai dan spesialis informasi
-
Memberikan
kesempatan bagi peserta proyek untuk mengungkapkan pandangan yang berbeda
bahkan bertentangan
5. Apakah
hubungan antara rancangan terstruktur dengan tingkatan sistem ?
Hubungan antara rancangan
terstruktur dengan tingkatan sistem yaitu rancangan terstruktur berfungsi
mengidentifikasi kriteria kinerja sistem karena sebuah rancangan yang
terstruktur dengan baik akan membentuk sebuah tingkatan – tingkatan sebuah
sistem, yang dimana sistem tersebut jika di kerjakan akan berjalan dengan baik
6. Apa
yang di maksud dengan cutover dalam penerapan sistem ?
cutover adalah perpindahan sistem
lama ke sistem baru, yang akhirnya pemimpin operasi akan menyimpulkan sebuah
penerapan sistem baru untuk tujuan perusahaan kedepannya
7. Sebutkan
dan jelaskan jenis – jenis cutover ?
-
Percontohan
( Pilot ) adalah suatu sistem percobaan yang diterapkan dalam suatu subset dari
keseluruhan operasi
-
Serentak
( Immediate ) adalah pendekatan yang paling sederhana yakni beralih dari sistem
lama ke sistem baru pada saat yang di tentukan
-
Bertahap
( Phased ) adalah sistem baru yang digunakan berdasarkan bagian per bagian pada
suatu waktu
-
Paralel
( Parallel ) adalah mengharuskan sistem lama dipertahankan sampai sistem baru
yang diperiksa secara menyeluruh, dan akan memberikan pengamanan baik terhadap
kegagalan tetap yang paling mahal, karena kedua sunber daya ( SDA dan SDM )
yang harus di pertahankan
8. Apakah
hubungan antara SPIR dan IE ?
Hubungan antara SPIR dan IE
adalah perencanaan yang memerlukan perhatian kerena memerlukan perkiraaan yang
matang untuk dapat mencapai tujuan organisasi pada masa sekarang dan akan
datang, selain itu hubungan antara tujuan perusahaan secara keseluruhan dengan
sumber – sumber informasi yang digunakan untuk mencapai tujuan
9. Pada
tahap SLC mana yang menyertakan kegiatan pengumumna kepada karyawan ? Apa
tujuan kegiatan tersebut !
Taham SLC yang menyertakan tujuan
mengungumkan kepada karyawan yaitu Tahan Penerapan. Dengan tujuan :
-
Merencanakan
penerapan
-
Mengumumkan
penerapan
-
Mendapatkan
sumber daya perangkat keras
-
Mendapatkan
sumber daya perangkat lunak
-
Menyiapkan
database
-
Menyiapkan
fasilitas fisik
-
Mendidik
perserta dan pemakai
-
Menyiapkan
usulan cutover
-
Menyetujui
atau menolak sistem baru
-
Masuk
ke sistem baru
10. Sebutkan
dan jelaskan unsur – unsur RAD ?
-
Manajemen
: khususnya menajemen puncak, harus merupakan orang yang suka bereksperimen
yang suka melakukan hal baru atau orang yang cepat tanggap, yang cepat belajar
menggunakan metodologi baru
-
Manusia
: daripada menggunakan satu tim tunggal untuk mengerjakan semua kegiatan SLC
dan RAD menyadari efisiensi yang dapat di capai melalui penggunaan tim yang
terspesialisasi, artinya dapat di buat tim – tim untuk perencanaan kebutuhan,
rancangan pemakai, konstruksi, penelaahan pemakai dan cutover
6 komentar:
Maaf untuk untuk No.7 bukannya penjelasan pada Masuk ke sistem baru
Ada empat pendekatan dasar untuk masuk ke sistem baru, Apakah sama?
Makasih yaa
makasih, sangat membantu tugas kuliah saya
maaf mau tanya ini referensi jawabannya dari ebook atau jurnal atau buku mana ya?
terimakasih banyak kak
Term Kasih Banya kak
Posting Komentar